Filosofi Tumpeng

Tumpeng Nusantara

Selamat datang di bulan Agustus, bulan yang identik dengan kemerdekaan RI. Yups, tujuhbelasan.  Bicara soal tujuhbelasan, pasti juga gak jauh dari yang namanya tumpeng. Kenapa? Yah, semacam tradisi gitu. Maka  menarik buat saya untuk lebih tau lagi tentang tumpeng dan filosofinya. Keingetan ini sebenernya udah lama, cuman diingetin lagi waktu kemaren ada acara di Royal Amabrukmo Hotel Yogyakarta. Mereka sedang launching menu baru, yaitu Tumpeng Nusantara.

Continue reading

Tepung Panir

panir2-orenjieculinary-com

source : Google

Halo, akhirnya rasa-pengen-ngeblog kumat lagi. *hehehe* . Ceritanya lagi pengen belajar bikin Galantin. Iyap,  rasa-pengen-masak-nya juga lagi kumat . Browsing resep dan nemulah resep Galantin pake Roti Tawar. Sebenernya, alm ibu saya termasuk sering bikin Galantin. Sewaktu mengamati cara buat Galantin versi alm Ibu, beliau gak pernah pake Roti Tawar. Pakenya tepung panir, yang notabene adalah tepung roti.  Karena iseng dan penasaran sama rasanya, maka kubuatlah Galantin versi Roti Tawar. Continue reading

Festival Kuliner Nusantara Horison Ultima Riss Yogyakarta

20150508_164152 Adalah Horison Ultima Riss Yogyakarta, salah satu hotel berbintang dengan ciri khas heritage-nya juga ikut melestarikan warisan peninggalan nenek moyang khususnya di bidang kuliner. Begitu banyak kuliner yang sudah ada sejak jaman  dulu yang sekarang masih ada dan dikonsumsi. Namun seiring berkembang dan kemajuan jaman, kuliner khas nusantara tergerus dan sedikit demi sedikit tidak lagi diminati karena kalah dengan kuliner pendatang dari negara tetangga bahkan dari benua lain. Salah satu kuliner Indonesia yang banyak diminati adalah sate. Yaps, mulai dari daging, sayur, ikan, bakso, usus, telor, kerang, keong dll bisa di jadikan menu sate. Continue reading

Mongolian BBQ at Ibis Styles Yogyakarta

Mongolian Barbeque1Jogja dan kulinernya itu bak nasi sayur dan sambal. Gak bisa dipisahkan. Owh…gak doyan pedes? Baiklah, kalo gitu bak nasi sayur dan krupuk * hehehe. Dan ngomongin kuliner di Jogja itu macemnya banyak banget, dari yang western sampai yang tradisional, dari yang lesehan sampai di hotel bintang pun ada. Lengkap. Dan  bersaing pula harganya. Makanya, kali ini saya sempetin dateng di acara launching promo Menu Baru nya Ibis Styles Yogyakarta. Continue reading