Siomay Bandung

Cihuuuy..akhirnya saia bisa buat siomay…!!

(hehehe) padahal resepnya udah nemu dari kapan hari..rencana mo buat juga udah dari kapan hari..tapi baru kesampean kemaren hari Minggu

Berawal dari gak ada kerjaaan, hari MInggu kemaren saia seharian berkutat di Dapur.

Mulai dari bikin mendoanbuat sarapan pagi (cieee…gak tau kenapa, orang rumah lebih suka mendoan buatanku daripada buatan mamaku…kekeke), trus buat Kuah Galantin (yaaa…ini sih gampang, cuman numis bawang Bombay, bawang putih, saos tomat, saos sambal, ditambah bumbu seperti pala, merica, gula dan garem), trus akhirnya saia buat siomay…

Karena niatnya dadakan,…dan kebetulan tepung ketan ato acinya udah ada…saia terpaksa ngerampok daging ayam cincang dan udang-nya mama yang ada di freezer, heheheh…

Padahal itu daging dan udang rencana buat lauk hari Senin.

Sip sip…tinggal beli kacang buat bumbu kacang siomay-nya

Bahannya gampang kok : 2 ons daging ayam cincang, trus 1 ons daging udang dikupas kulitnya, 2 ons tepung ketan / aci, 4 siung bawang putih, 4 siung bawang merah, garam, penyedap rasa, merica dan sedikit gula.

Cara bikin adonanya juga gampang :

Masukin daging cincang, udang, bawang putih, bawang merah, dan bumbu ke dalam blender…

Abis itu di pindah ke tempat lain, untuk kemudian di campur tepung ketan.

Jangan lupa tambahin air kurang lebih 100-150ml,…adonan di ulet, tapi mesti hati-hati, jangan sampe terlalu banyak airnya..nanti terlalu cair, adonanya gak bisa dibentuk

Sudah beres dengan adonan, sekarang waktunya membentuk adonan menjadi bulat.

Simple kan??

Habis itu di kukus deh,..kurang lebih sampe 30menit

Mo ditambah kentang ato tahu ato kubis juga bisa…sayangnya dirumah cuman ada kentang aja..

Jadi sekalian deh, kentangnya di kukus

Trus cara buat bumbu kacangnya jugagampang: 1) Kacangnnya digoreng, 2) bawang putih 3 siung dan kemiri 4 siung digoreng , tiriskan 3) kacang dan bumbu tadi di blender..kasih sedikit air

Abis itu tambahin gula, garem dan juga kecap….

Atur kekentalan bumbu kacang sesuai selera

Siomay dan juga bumbu kacangnya siap di nikmati

Hehehehhe

Hari minggu itu bener-bener edisi dapur deh

Soalnya habis itu masak lagi..ceritanya buat makan siang,

TUMIS TAOGE IKAN TERI

Duuh…maknyus deeeeeh

Sumber : blog lama saya 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s