Kroket Kentang

temans,…

ini tentang kroket kentang yang saia buat hari ini. Hasilnya kurang memuaskan menurut saia.
isian nya masih kurang padat.
So, saia mulai browsing2 dan menemukan beberapa trik supaya “kulit” kroketnya padat dan isi nya juga bisa “pulen” (apa ya isitilahnya? saia jadi bingung)

Jadi, masalahnya ada di kulit kroket dan isi yang kurang padat.
(kalo saia pribadi ngga terlalu suka isi kroket yang padat)

KULIT :
buatan saia : Kentang dikukus, trus dalam keadaan panas langsung ditumbuk. Ditambah sedikit tepung maezena, dan sedikit garam
harusnya : kentang digoreng, trus dalam keadaan panas langsung ditumbuk. Ditambah susu bubuk, merica, pala, dan gula.
alasannya : kalo dikukus kadar airnya banyak, Jadi bikin kulitnya kurang “keras dan padat”
(oke..next time saia coba)

ISI :
buatan saia : ragut (atau ragout). Kata mama saia, ragout itu masakan orang Belanda. Jadi gag usah pake bawang putih. Hmm..tapi dari resep2 yang ada di internet kok pada pake bawang putih ya? jadi okelah kalo begitu, saia pake bawang putih aja deh. Toh rasanya gag berpengaruh, hehehe)
harusnya : ragout-nya udah jadi dicampur dengan kentang kukus yang udah ditumbuh. Untuk bahan perekat. Kalo ngga dicampur kentang juga (kayaknya) ngga papa.
(oke….next time saia coba)

PENGGORENGAN:
buatan saia : setelah ragut jadi, kulit kentang juga udah jadi,dibikin buletan (atau lonjong). dimasukin ke telur yang udah di kocok, habis itu dimasukin ke tepung panir atau tepung roti.
harusnya : setelah dimasukin ke telur yang udah di kocok terus dibalur dengan tepung roti, jangan langsung di goreng. Tapi, dimasukin lagi ke telor dan dibalur lagi dengan tepung roti (lagi)
jadi prosesnya dua kali.
alasannya : biar lebih padat dan mantap
(oke…next time saia coba)

masalah penggorengan yang kedua adalah :
harus dengan minyak yang banyak , supaya kroket bisa berendam di minyak dengan rata. Dan kalo semuanya terendam, matangnya juga rata. Jadi gag perlu di bolak balik. Soalnya kalo sering di bolak balik , bisa ancur lebur….
trus, minyaknya harus panas, tapi jangan terlalu panas nanti gosong.
udah gitu, jangan lupa siapin saringan kecil buat nyaring tepung roti yang “buyar” di minyak.
soalnya kalo goreng pake tepung roti ato tepung panir,…minyak bakal cepet kotor
(oke, next time saia coba…)

SAOS MAYO :
hari ini saia bikin campuran saos mayo dengan susu kental manis dan perasan jeruk nipis. So far so good. Tapi karena mayonaise botolan yang saia beli emang gag terlalu kental. Lebih cair ..jadi mayonya ya cair. Coba mungkin kalo ada mayonaise botolan yang kental (atau mustard keju????) teksturnya pasti beda.

resep lainnya :
Margarin dilelehkan, dicampur dengan terigu. Trus dicampur dengan susu cair…..diaduk pelan2, masukin mustard pasta, gula dan garam.
dimasak sampe mengental
(oke…next time saia coba)

so,…kayaknya mesti hunting mustard yang cocok deh
soalnya selain saos sambel ….campuran saos mayonaise ini juga bikin kroket kentang lebih yahuuuuddddd

baiklah,…..
next time saia buat kroket lagi
mudah2an berhasil

namanya juga lagi belajar, kalo salah ya dimaklumi
hehehhee……
sayang, sang kekasih hati gag suka kentang.
Kalo kentang goreng, dia suka. Apalagi kalo dikasih bumbu barbeque. Tapi kalo perkedel, kroket, batterballen, dan olahan kentang lainnya….dia gag suka
Sup yang ada kentangnya, juga gag doyan….

hmmm…….

sumber : dari blog lama saya 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s