Donat ala JCo

Saya didaulat untuk membuat roti oleh ibu saya, kebetulan tidak ada stock makanan untuk para tamu yang nantinya akan datang ke rumah . Hari itu blom ada tanda-tanda akan dapat kiriman parcel dan roti dari para saudara dan teman ibu dan kakakku. Jadilah saya browsing-browsing mencari ide untuk bikin sesuatu yang spesial buat hari Natal ini. Saya ingat, sewaktu saya  ke Sumber Wangi, toko penyedia bahan makanan, disana menjual tepung komachi. Tepung Jepang yang biasa dibuat untuk donat. Nah, saya jadi tertarik nih. Saya cari resepnya dan nemu…

saya ambil resepnya disini, sambil saya pelajari komen2 yang sudah2.

DONAT ALA J’Co

*Source : Lezaat – NCC Cooking Show 18 November 2006*
>
*Bahan A :***
850 gr tepung terigu “Cakra” / tepung terigu Jepang (Komachi)
30 gr ragi instant
10 gr garam
600 ml air matang (kalo pake tepung cakra, kurangi 75 – 100 ml)
>
*Bahan B :***
200 gr tepung terigu “cakra” / tepung terigu Jepang
10 gr garam
60 gr susu bubuk FC
125 gr gula pasir
100 gr telur
125 gr mentega putih / shortening
>
*Cara Membuat :*
1. Aduk bahan A sampai rata, istirahatkan selama 90 menit diwadah
tertutup, jadikan sebagai bahan biang.
2. Campur adonan A dengan bahan B, lalu uleni sampai kalis. Lk. 10
menit. Istirahatkan diwadah tertutup selama 15 menit.
3. Gilas tipis adonan setebal lk. 1 cm, diamkan 10 menit, cetak
dengan cetakan bentuk donat, diamkan 10 menit lagi.
4. Goreng dalam minyak padat dengan api kcil saja hingga berwarna
kuning kecoklatan.
5. Angkat, dinginkan. Beri topping sesuai selera.

*Note :*
– Jika menggunakan Tepung Cakra, takaran air harus
dikurangi sebanyak 75 s.d 100 ml

**

Donat saya hasilnya kurang mengembang, mungkin karena saya terburu-buru menggoreng adonannya. Harusnya saya bisa lebih sabar lagi. *maklum, waktu itu keponakan pada ngumpul dan sedang persiapan berangkat kebaktian. Sudah heboh minta sangu, jadi mau gak mau ya saya goreng donatnya*

Koreksi lain dari donat buatan saya ini adalah bentuknya yang tidak stabil. Saya tidak mencetak donat dengan cetakan. Karena saya pikir kenapa juga harus pake cetakan. Eh ternyata anggapan saya salah. Kalo bisa sih pakai cetakan biar cantik tampilannya. Dan adonan digiling tipis dulu baru deh dibentuk. Bukan diambil sedikit2 kemudian dibentuk.

Tapi, untuk rasa donat buatan saya ini tak diragukan lagi. Enaaaaaak. Donatnya empuk dan awet. Saya buat dengan topping coklat, coklat keju, coklat coco crunch, strawberry dan gula halus

2 thoughts on “Donat ala JCo

Leave a Reply

