Salada Bangkok

Namanya selada bangkok. Entah darimana asalnya. Saya jatuh cinta setiap kali ibu saya bikin menu ini. Sager rasanya. Ini semacam salad buah dan sayur tapi pake saos dari selai kacang.
Sayuran dan buah apa saja bisa dipakai. Ada yang seneng ditambah putih telur rebus, dan kuningnya dibuat campuran saos. Tapi untuk kali ini, resep yang biasa ibu saya pakai. Gak pake telur.

Selada bangkok ini saya buat kemaren pas #PiknikAsik ke taman KB. Malam minggu saya belanja buah di pasar peterongan sembari nyari-nyari saus kacang. Kalo kesulitan nyari saos kacang “curah” bisa pakai saus kacang yang dijual di supermarket. Direkomendasiin sih merk
Morin *kata mbak-mbak penjaga toko penyedia bahan kue dan roti* . Saos kacang-nya kalau bisa pilih yang halus. Nah karena di toko *apa sih namanya* toko penyedia bahan kue dan roti di jl. Mataram itu gak ada, (ada sih, tapi 1kg coba..ih trus buat apa sisanya??) saya maju dikit ke
arah jl. Peterongan sebelum lampu merah itu ada juga toko penyedia bahan kue dan roti. Dan ada…yiiiy, saos kacang “curah” eh ternyata udah dibungkus2in gitu. Kecil-tapi cenderung pas lah menyesuaikan kebutuhan saya. Harganya murah, seplastiknya Rp.6000 saja. Sekalian belok ke pasar sekalian beli buah.
Nah ini dia, resep selada bangkok ala ibu saya:
Bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah sayur dan buah favorit anda. Terserah sih, tapi *kata ibu saya* pilih buah2 segar *mengandung air banyak* silahkan bereksperimen sendiri.
bahan-bahan yang dibutuhkan :
#1 Timun, Bengkoang dan Nanas iris tipis sesuai selera
#2 Apel segar (kata ibu sih lebiah enak apel malang, mesti agak asem tapi justru lebih seger)
#3 Iris bawang bombay (sesuai kebutuhan)
#4 Bumbu Saos : Selai kacang, Saos sambel botolan, Cuka, Gula dan Garam
Cara Membuat : Masukan Selai kacang, campur dengan gula, garam dan sedikit cuka. Kemudian masukan sayur dan buah nya. Tambahkan selai kacang sesuai selera Anda. Paling enak sih rasanya ada campuran manis, asem (dari cuka, nanas dan apel), ada manisnya dan *ini penting kata ibu saya* samai rasa kacangnya berasa.
Ohya, untuk penyajiannya jangan lupakan ini….keripik kentang. Buat sendiri atau beli jadi ngga papa.
Selamat Mencoba🙂

One thought on “Salada Bangkok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s