Warung Vegetarian “Milas”

akhirnya , setelah sekian lama saia bisa menghirup udara Jogja *lebay*, hehe..yang ada saia malah kepanasan di Jogja….sumpah, Jogja kemaren membara.
Niatnya pengen makan siang sekaligus ngadem, sebenernya sih ngemall juga bisa…tapi mengantisipasi “laper mata” , dia-yang-doyan-banget-tempe dan terong ini ngajakin saia makan siang di sebuah cafe berkonsep vegetarian dan organik.

Namanya MILAS, kependekan dari MImpi Lama Sekali, letaknya ada di jalan Prawirotaman. Agak masuk gang dikit sih. Waktu dateng , saia juga rada kaget..karena konsepnya ga seperti cafe2 pada umumnya. Hanya coretan di dinding tembok yang bertuliskan “parkir MILAS”. Waktu mau parkir motor aja saia sempet bingung,…ni cafenya yang mana?? habis kayak rumah biasa dengan halaman yang luas. Tapi , begitu masuk kedalam….saia baru ngeh, kalo ada pondokan dari bambu , taman…..dan kursi dari ban/karet bekas. NICE…..
Milas sendiri ada sejak tahun 1997, dengan visi menjadikan dunia lebih baik. Apalagi semakin kesini semakin banyak junk food yang tentu saja ga baik buat kesehatan kita. Nah, MILAS ini salah satu cafe yang menawarkan pilihan untuk hidup sehat dengan makanan2 sehat vegetarian dan organik.
Terbukti, disalah satu lembar menu yang saia lihat, ada komitemen dari MILAS yang ingin menyajikan menu makanan sehat dilihat dari point2 yang saia baca, diantaranya :

es dibuat dari air matang, semua bahan mentah dicuci dengan air matang, tidak menggunakan bahan kimia seperti MSG, pengawet, dan perwarna, menggunakan sayur dan beras organik, susu, keju dan saos buatan sendiri….
tuh, sehat kan???
Ternyata MILAS juga menjalankan prinsip nirlaba juga loh, selain warung vegetarian *mereka menyebutnya warung*, sanggar kerajinan, kebun organik, pojok organik,sekolah hijau, dan galeri kerajinan.
Waktu liat buku menunya, duh…..rasanya pengen nyobaik semua. hehehe,
Yang jelas, untuk makanan,…..menu yang ditawarkan menu2 vegetarian dan organik. Ada juga sih yang semi vegetarian..contohnya telur. Tapi jangan salah, telurnya juga yang dipilih telur ayam kampung. Nasi nya organik juga looh…..trus saos dan mayonaise yang disajikan juga home made alias buatan sendiri. Ya emang sih beda dengan yang saos botolan yang biasa kita makan, tapi itulah sehatnya….

Dan inilah menu makan siang saia : Nasi Goreng rempah dengan bumbu rempah seperti jinten, kayu manis, sedikit cengkeh, kacang polo, dan nanas…..extra telur ceplok, dan es teh.
Kalo dia??? Ya jelaslah, terong dan tempe bumbu bali, nasi dan segelas VITAL *ndak an pei??? lupaa..wkwkwk,* yang jelas VITAL ini campuran jus tomat dan jeruk nipis….PLUS, tempe goreng tepung alias mendoan sebagai “ganjelan” kita…..

Sejujurnya kita betah di MILAS,…..ngobrol dan makan *tanpa wifi* aja kita betah lama2…hehe
habis JOgja panas siiiiiiiiii…..jadi gak pengen kemana2, hihihih
tapi, karena saia sedang ingin berburu buku, …akhirnya kita pergi meninggalkan MILAS. Tapi sebelumnya mampir dulu buat beli gelang ma kalung yang juga di display disana. Pengennya sih beli smuanya, wkwkwk…..apa daya dompet tak sampai. *lebay*
Yang dijual ga hanya kerajinan aja, tapi ada juga hasil olahan organik seperti mie bayam, mie tomat, madu….keju buatan sendiri , beras, dan lain lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s