Tom Yam

Haaay, ketemu lagi kita🙂. Sudah tahun 2012 nih, cepet yah?? Tahun baru semangat baru yah!! Termasuk semangat buat masak-masak nih…
Jadi ceritanya, kemaren saya nyoba resep Tom Yam. Ide awalnya sih karena pas ada acara Natalan di Kantor, menu yang disajiin itu salah satunya Tom Yam. Sebenernya dulu udah penasaran banget pengen bikin, sewaktu Ibu saya bikin menu Steamboat Seafood. Jadi kepikiran kalo kapan2 harus belajar bikin Tom Yam. Akhirnya kemaren Minggu saya bikin Tom Yam

Resep Tom Yam-nya saya ambil dari sini  . Saya browsing2 untuk cari resep yang bahannya gak aneh2. Tom Yam kan masakan Thailand tuh, nah saya nyerah deh kalo harus cari bahan atau bumbu2 yang asalnya dari Thailand. Lumayan agak susah nyarinya. *hehehe* Jadi saya cari resep yang aman-aman ajah.

Ini dia Resepnya :

Kaldu :
1800 kaldu udang/ayam/air
3 batang serai, memarkan
3 cm jahe, memarkan
3 lembar daun jeruk
4 sdm kecap ikan/nampla sauce
1 cm lengkuas, memarkan
2 sdt sdm minyak cabai
1/2 sdt garam halus
3 buah cabai rawit merah, haluskan/namprik
1 siung bawang putih, memarkan 

Bahan Isi:
300 gr udang ukuran besar, buang kepala dan bersihkan
100 gr jamur merang
8 buah cabai rawit, biarkan utuh
1 batang serai, ambil yang berwarna putih. potong-potong
5 lembar daun ketumbar, iris halus
2 lembar daun jeruk, iris halus
5 sdm air jeruk nipis 

Cara Membuat :

 1. Didihkan kaldu.air. Masukkan serai, jahe, lengkuas, bawang putih dan bumbu kaldu lainnya. Rebus hingga mendidih. angkat, saring.

2. Panaskan kembali kaldu, masukan udang, jamur, cabai dan daging serai. Didihkan kembali. Sesaat sebelum di angkat, tuang air jeruk nipis dan daun ketumbar. angkat. sajikkan panas

Tips : Pilihlah seafood yang segar. Bersihkan seafood dengan air bersih dan dilumuri dengan jeruk nipis+garam bisa mengurangi bau amis pada masakan. Kalau dirasa masih berbau amis, bisa juga ditambahkan potongan bengkuang. *bengkuang menyerap bau amis tersebut*

Selamat mencoba🙂

5 thoughts on “Tom Yam

  1. Poppy says:

    wah baru tau resep tomyam.. di Malaysia, tomyam sangat2 terkenal, macam2 jenisnya.. tomyam ayam, tomyam seafood, tomyam sayur… nanti kapan2 saya share lagi.. heehe… enak seger ya sis…🙂

  2. jonathan dju says:

    MAU MAKAN SESUATU YG BARU SUP SEAFOOD ASAM PEDAS KHAS THAILAND !!! mungkin yg satu ini harus anda coba ! Sup Tomyam seafood, sup asam pedas dan asin dan yang pasti segar dan enak tidak bisa masak ? jangan takut kami solusinya , bumbu TOMYAM
    Mama Tomyam , cara masak sangat mudah , cukup tambahkan 1 sendok makan BUMBU MAMA TOMYAM ke dalam 210ml air , tambahkan 6 ekor udang ukuran 6cm , dan cumi di potong potong ukuran sedang ,dan jamur tiram secukupnya, lalu masak sampai matang -+ 3menit , angkat sup tomyam seafood siap disajikan , tambahkan daun ketumbar jika suka , untuk membuat Sup Tomyam Seafood kuah kental cukup tambahkan 3 sendok makan susu lemak nabati / evaporasi , Lalu aduk sampai rata , tambahkan Daun ketumbar jika suka , Sup seafood tomyam kuah kental siap di sajikan, selamat mencoba , harga Rp. 20.000/botol , isi 145 Gram , untuk 5 mangkok , Pesan order sms 0812 1001 8198 , pin BB 20FEDE54 , BUMBU Tomyam Mama Tomyam, W T C Mangga Dua Lantai 2 BLOK C No. 112 , telepon +6221 418 85853
    CATATAN :
    Tersedai packing untuk restaurant ukuran 2 kg Rp. 180.000.
    sudah banyak di gunakan di restaurant – restaurant dan Hotel CP Jonathan Dju , PRODUK BARU MAMA TOMYAM !! DI Cari AGEN di seluruh NUSANTARA HUB 0812 10018198, 021 – 418 85853

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s