Bola Bola Keju

Sore santai sepulang dari tempat kerja, saya mampir ke Indomar*t untuk beli beberapa perlengkapan mandi. Tiba-tiba kepikiran, saya punya resep Bola Bola Keju yang saya kutip dari dapur Mlandhing. Sudah pengen nyoba kemaren pas mas patjar dateng ke rumah. Tapi karena mas patjar gak terlalu doyan keju, kok rasanya sayang ya. Udah dibuatin malah ga dimakan nanti. *dimakan sih, tapi terpaksa hehehe atas nama cinta ..aiissh*. Sudah baca-baca resepnya dan ternyata simple. Hanya satu bahan yang menurut saya agak “mahal”. Yep, keju parmesan. Keju yang biasa dijadikan toping pizza ini, waktu saya tanya ke TBK Sumber Wangi, harus beli porsi besar. Satu pak keju parmesan dijual harga Rp. 43.000. Nah kan, …sayang juga sih, blom tau sisanya untuk apa. Belom kepikiran.Akhirnya, saya memutuskan ngga pake keju parmesan . Hanya memakai keju Cheddar saja. Itupun sachet-an.  Ini dia resep Bola Bola Keju-nya.

BAHAN:
2 sdm mentega
200 ml air
100 gr tepung terigu, ayak
2 butir telor, kocok lepas
1 sdm seledri cincang
1 sdm keju parmesan, parut
1 sdm keju cheddar, parut
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt garam
minyak goreng

CARA MEMBUAT:

  • Siapkan panci cekung. Lelehkan mentega dengan api kecil, tambahkan air, didihkan. Matikan api.
  • Masukkan tepung terigu, kocok hingga licin. Biarkan adonan hingga hangat.
  • Masukkan telor sedikit demi sedikit sambil kocok adona hingga telur tercampur rata.
  • Tambahkan seledri, keju, garam, dan merica. Kocok sampai kejunya leleh.
  • Goreng adonan dalam minyak panas, 1/2 sendok tiap buah. Jangan terlalu penuh karena adonan mengembang.
  • Goreng hingga kekuningan. Tiriskan.
  • Sajikan dengan saus sambal.

Trik : Goreng dalam api yang sedang, karena adonan akan cepat gosong kalo kita tidak memperhatikan besar kecilnya api.

Setelah dicicipi, enak juga kali ya kalo ditambah udang ato daging ayam/sapi cincang?? Berasa bikin bakwan aja gitu. Hm…kapan2 nyoba ah🙂

 

2 thoughts on “Bola Bola Keju

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s