Sambel Goreng Kentang + Seafood

Yang ini adalah menu harian keluarga saya *hari ini*. Sambel Goreng Kentang dan Seafood. Sebenernya ide awalnya adalah karena sisa Tom Yam masih banyak di rumah. Maklum, Tom Yam-nya kan pedes, jadi keponakan gak pada suka. Karena sayang, maka seafood dalam Tom Yam diolah lagi. Jadilah menu ini. 

Ini adalah masakan Ibu saya tercinta. Idenya memang dari beliau. Kemaren sih antara mau ditambah kuah biar gak pedes, atau dimasak menu lain. Saya sih bilang ke Ibu untuk dimasak menu lain ajah. Jadilah sambel goreng ini. Menu ini yang masak Ibu saya.🙂 Dulu sewaktu Bapak saya di Rumah Sakit, saya pernah diajarin Ibu bikin sambel goreng. Saya catet di Buku Resep andalan saya.

Sambel Goreng Kentang (dan Seafood)

Bahan : 

  • 1/2 kg Kentang, iris kotak-kotak rendam dalam air *biar kentangnya gak berubah warna coklat*

Bumbu yang dihaluskan : 

  • 5 buah cabe yang sudah dikukus *ibu saya bilang, untuk sambel goreng biar warnanya lebih merah, sebaiknya cabenya itu dikukus dulu, biar lebih cantik warnanya* 
  • 6 siung bawang merah,
  • 3 siung bawang putih,
  • 1/2 sdm terasi *yang sudah dibakar atau digongso tanpa minyak* – aniweii, ibu saya kalo beli terasi langsung digongso trus disimpen deh di toples
  • 1 buah tomat segar
  • 1sdm  ketumbar

Bumbu Penyedap

  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm gula jawa
  • 1 lembar daun salam
  • 1 batang lengkuas
  • 500ml Santan *agak encer kalo kuah banyak, kalo mau kuah sedikit, pilih santan yang agak kental*
  • Seafood sisa Tom Yam

Cara Mambuat

  • Siapkan minyak goreng untuk menumis bumbu yang dihaluskan
  • Masukan kentang dan seafood, tumis setengah matang
  • Masukan daun salam dan lengkuas
  • Tambahkan bumbu penyedap garam, gula pasir, dan gula jawa
  • Masukan santan, masak sampai bumbu menyerap
  • Sajikan

Itu tadi resep dari Ibu saya, masakan rumahan yang paling sering dimasak apalagi menjelang Lebaran yah *hehehe*

Selamat mencoba

Leave a Reply

