Cake Marmer

Dua hari ini saya kena gejala flu. Dimulai dari dengan kepala pusing sampai bersin-bersin. Tepar setepar teparnya deh. Untuk update status twitter aja gak sanggup #halah. Saya ambil waktu ijin dan istirahat total di rumah. Cuman tiduran dan sesekali bangun untuk makan dan tidur.  Hari Minggu-nya saya capek tiduran terus. Harus dibuat gerak badannya biar ga pegel-pegel semua. Hasilnya, Minggu siang saya main-main ke dapur dan bikin Cake Marmer. Bahan-bahannya simple dan ada di rumah. Jadi saya ngga perlu beli bahan2 (karena kebetulan semuanya masih ada di rumah)

Lagi-lagi, seperti yang sudah-sudah, saya udah lama pengen bikin cake ini. Awalnya sih karena dirumah ada Baking Pan (tulban) yang nganggur dan gak pernah dipake. So akhirnya kemaren ide bikin cake marmer itu karena pengenlah sesekali bikin cake pake Baking Pan.

Buat saya sendiri ini pertama kalinya saya bikin cake pake baking pan. Sebelumnya kakak saya yang pake. Waktu itu mau bikin Chiffon Cake gitu. Tapi konon katanya gagal🙂 dan sejak itu blom pernah lagi bikin cake pake baking pan.

Resep Cake Marmer saya browsing jauh-jauh hari dari sini , kumpulan resep dari NCC

Bolu Marmer 
Source : Fatmah Bahlwan (NCC)

Bahan :
250 gr mentega
250 gr gula
250 gr tepung terigu (saya pakai Self Rising Flour) –> saya campur dgn sedikit maizena
8 btr kuning telur
6 btr putih telur
1 sdm coklat bubuk
1 sdt bumbu spekoek bila suka

Cara membuat :
1. Kocok putih telur hingga kaku, sisihkan
2. Kocok mentega dan gula hingga pucat dan mengembang, masukkan kuning telur satu persatu sambil terus dikocok hingga adonan tercampur rata dan mengembang. Matikan mixer.
3. Masukkan tepung terigu secara bertahap, aduk rata
4. Masukkan adonan putih telur secara bertahap, aduk rata secara perlahan-lahan.
5. Ambil lebih kurang 3 sdm adonan, taruh dalam piring, campur dengan coklat bubuk dan bumbu spekoek, aduk rata.
6. Tuang adonan kuning kedalam loyang tulban yang sudah diolesi margarine dan ditaburi tepung. Kemudian masukkan adonan coklat dan buat motif marmer dengan bantuan garpu atau lidi.
7. Oven dengan suhu kurang lebih 180 C selama 35-40 menit atau hingga matang (lakukan test dengan lidi). – saya pake bakingpan, kurang lebih 30menit cake mateng.

Cake ini rasa manisnya pas *buat saya* . Tapi sayang seribu saya, entah kenapa cake ini agak bantat separuh. Apakah mungkin karena api yang tidak merata? Entahlah. Atau karena ada tepung maizenanya? *sebab kata Ibu saya, gak usah lah pake maizena segala*. Meski bantat separuh, rasanya tetep legit. Lumayan lah, bisa buat temen minum kopi/teh.

Selamat Mencoba

3 thoughts on “Cake Marmer

  1. @rista_latte says:

    hehe iya mbak terlihat agak sedikit bantet…. q kok lum bisa pake baking pan ya mbak ….. hasilnya kadang pinggir na udah agak gosong dalem na *bag deket tengah* masih setengah mateng gtu😦

  2. mbakginuk says:

    iya Ris, kadang ga rata soalnya kan langsung ke api, jadi tergantung kualitas api di kompor kita …namanya belajar ya, jadi kalo ada salah ya dimaklumi, tetep semangaaat🙂

Leave a Reply

