Bikin Steak Sendiri Yuuuuk??

Suka steak? Ah..saya juga suka. Tapi sampai saat ini blom pernah sih makan steak seharga jutaan rupiah. *hehehe* Konon kan ada tuh restoran kelas bintang lima yang menyediakan menu steak dengan daging impor dari Australia dan sekitar benua Eropa lainnya. Nah kalo macam “steak kaki lima” cukup dibilang sering sih. *hehehe*. Dan sebenernya ga susah kok kalo mau bikin “steak kaki lima” ini. Dagingnya pun bisa divariasikan sesuai dengan kantong kita. Modal ayam filet atau daging sapi filetpun bisa. Tapi meskipun katanya “steak kaki lima” karena dagingnya gak impor, soal rasa jangan mau kalah dong. Terutama rasa sausnya. Ya kan? Nah ini nih cara bikin Saus Steak

Saus Steak (Saus Jamur)
1 sdm mentega, untuk menumis
½ bh bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus
3 sdm saus tiram , bila tidak ada menggunakan saus inggris juga boleh.
1 sdt terigu
150 ml air kaldu ayam. *bila tak ada stok menggunakan kaldu ayam bubuk juga ngga papa*
100 gr jamur kancing, iris tipis

1sdt terigu/sagu
Garam, merica bubuk secukupnya

Cara membuatnya:

Tumis bawang putih dan bawang Bombay hingga harum. Masukan jamur kancing aduk sampai rata. Tambahkan saus tiram/saus inggris dan kaldu ayam secukupnya. Tambahkan air dan didihkan. Bumbui dengan garam, gula dan merica. Kentalkan dengan tepung terigu/sagu. Atur kekentalannya.  Masak hingga mengental. Angkat.

Cara membuat Steak Ayam

Nah kalo untuk steaknya sendiri, silahkan pilih mau daging ayam atau daging sapi. Kalau daging ayam sebaiknya pilih filet ya. Lebih gurih dan crispy. *mungkin karena ngga ada lemaknya ya*

Bumbui daging dengan merica, bawang putih dan  garam. Diamkan sebentar kemudian tiriskan. Panaskan minyak goreng, celupkan daging ke dalam telur, lumuri dengan tepung bumbu/tepung terigu. Goreng hingga matang dan berwarna kuning keemasan, kemudian tiriskan.

Untuk penyajian, bisa siapkan kentang goreng dan sayuran pendamping seperti buncis, wortel dan jagung manis.

Tertarik untuk membuatnya dirumah? Meski dikata “steak kaki lima” tapi rasa tetaaaap “bintang lima” *hehehehe*

Gambar :

1. Beef Cordon Bleu dari RM. Indah Sari, Jl. MT Haryono 403-405 Semarang, Harga Rp. 21.0000,-

2. Chicken Crispy Steak dari Parahita Coffee and Resto, Jl. Pandanaran II no 1 Semarang, Harga Rp. 13.000,-

10 thoughts on “Bikin Steak Sendiri Yuuuuk??

    • mbakginuk says:

      boleh, pakai maizena juga gpp. tapi mesti ati2 juga kali ya, maizena ato sagu gampang banget kentel, jadi sebaiknya dilarutkan dulu dgn air dan pemberiannya sedikit demi sedikit🙂

      iya, ya, tepung + maizena + sedikit baking powder, bisa membuat lebih “crispy”
      thanks thia tipsnya🙂

    • mbakginuk says:

      karena butuh agak cair, maka kaldu bubuknya bisa dilarutkan atau dimasukin langsung gak papa, tapi tetep nanti ditambah sedikit air untuk mengatur kekentalan saus.

  1. yudha says:

    thnks mbak resep saus steaknya .
    sy udah berhasil bikin, dan rasanya enak . .
    malah tetangga sy ketagihan. . .😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s