Nasi Kebuli Bumbu Jadi

Kalo gak salah, pernah baca #resepmini dari @pasarkambing sewaktu bikin kuis resep kambing. Nasi Kebuli. Sederhana dan simple banget caranya. Soalnya bumbunya beli bumbu jadi yang dijual di pasar. Masalahnya kemaren Minggu waktu ke pasar Langgar Semarang (tempat saya dan mama belanja) dan nyari penjual bumbu jadi, kok gak ada. Akhirnya ke pasar lain, yaitu Pasar Peterongan. Masih agak deket sih dari rumah. Gak papa lah demi bumbu gule.

Jadi di mas-mas penjual bumbu jadi ini lengkap banget. Tinggal bilang bumbu ini dan itu. Nah untuk nasi kebuli ini kita pakai bumbu dasar gule. Simpel banget caranya, tinggal tumis bawang bombay pake mentega, masukan bumbu gule, masukan sere, cengkeh, salam, lengkuas kemudian tambahkan air kaldu , tunggu sampai mendidih, kemudian masukan beras. Tunggu sampai air berkurang baru deh di kukus. Simpel kan?

Nasi Kebuli ini bener-bener sederhana. Selain karena masaknya pakai bumbu jadi, juga gak ada daging kambingnya *hehehe*. Namaya juga ide dadakan. Mau cari minyak samin untuk menumis aja gak kesampaian. Ya sudah, akhirnya  ditumis pake mentega biasa, dan lauknya pake ayam bakar *yang kebetulan jadi lauk hari itu* Ditaburi dengan bawang goreng rasanya lebih nyus lagi. Disantap pakai sambel tomat juga enak🙂

Nasi kebuli ini warnanya kuning, mirip dengan nasi kuning. Hanya saja nasi kebuli ini tanpa santan dan rasanya rempah banget. Untuk lauk cocok juga pakai sambel goreng ati, atau acar kuning. Terutama buat yang ngga suka kambing. Pake rendang sapi juga enak. Ahh..tukan jadi laper. Pengen makan nasi kebuli lagi. Ahtapinya stok nasi udah habis🙂 kemaren bikin lumayan banyak soalnya di rumah juga lagi banyak keluarga yang dateng. Apalagi keponakan juga suka, jadi  habis deh nasi kebulinya. Besok bikin lagi ah, pake kambing ah…*lirik @pasarkambing* hehehe

Selamat mencoba ya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s