Melelehkan Cokelat

Ada 3 cara melelehkan coklat loh, gimana aja sih?? Yuk ngobrol lagi soal #coklat , kali ini topiknya #lelehcoklat

Cara pertama adalah TIM, letakan coklat diatas mangkuk tahan panas Didihkan air di dalam panci terpisah #lelehcoklat

Matikan api, lalu letakan mangkuk berisi coklat di atas panci air panas #lelehcoklat

Hati-hati, jangan sampai mangkuk isi coklat terkena air yah #lelehcoklat

Aduk coklat sampai semua coklat meleleh #lelehcoklat

Kalo ada yang punya “chocholate pot” bisa juga dipakai #lelehcoklat

Masukin coklatnya, nyalakan listriknya, tunggu sampe coklat meleleh #lelehcoklat

Lanjutnya adalah melelehkan coklat dengan microwave #lelehcoklat

Untuk microwave 1000w, butuh waktu 1,5-2 menit utk melelehkan coklat #lelehcoklat

Kalau anda, biasa melelehkan coklat dengan cara bagaimana??

Ada beberapa tips lagi nih soal coklat yang telah dilelehkan, apa itu? Ini dia…

Jangan memotong coklat blok terlalu besar sebelum proses “tim” karena akan menghasilkan lelehan yg tdk rata dan berbutir #lelehcoklat

Langsung gunakan lelehan coklat dengan segera spy tidak mengeras kembali

Menghias roti dgn cokat kemudian simpan dalam suhu dingin agar cepat membeku

 

*gambar goggling disini 

8 thoughts on “Melelehkan Cokelat

  1. ana says:

    coklat bisa dicincang kasar. semakin halus dicincang bakalan cepet leleh. melelehkan coklat dengan ditim (au bain marie) diaduk terus, supaya yang atas leleh dan yang bawah tidak gosong.

    kalau melelehkan coklat putih, caranya beda lagi.
    air harus sudah mendidih dulu, baru deh panci isi coklat putih ditim disitu. karena coklat putih lebih sensitif, tidak ada kandungan cocoanya. harus selalu diaduk juga, supaya bagian bawahnya tidak gosong.

    salam kenal yaa!😉

    • mbakginuk says:

      maaf baru bisa bales komen-nya😦
      setahu saya sih untuk topping coklat selain pake coklat blok bisa juga pake coklat bubuk. Nah kalo coklat bubuk mungkin akan lebih cair dan gak gampang beku.
      maaf kalo kurang memuaskan, terima kasih sudah mampir

  2. rita says:

    Mba, mau tanya, kalau saya mau mencairkan coklat untuk dipakai di mesin fountain, sebaiknya pakai coklat apa ya? saya ada beli coklat couverture tapi koq msh kental ya…,supaya gak kental pakai apa ya?

  3. Violent says:

    mba, saya coba melelehkan coklat putih kok ga bs ya… dia hasil nya ga seperti kita melelehkan coklat berwarna… kl coklat berwarna lelehnya kan seperti air… tp kl coklat putih kok lelehnya masih kental ya… mohon bantuannya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s