Cake Coklat Kopi

Saya itu blom punya oven sodara-sodara *curhat* Dan lagi pengen beli oven. Tapi masih blom sempet. Udah ngincer ini itu, tapi blom kesampean beli-nya *hikshiks* Dulu saya kalo bikin cake itu pasti cari resep yang kukus. Dan sejak pertama bikin cake pake tulban *waktu itu cake marmer*, kok ketagihan ya. Fungsinya kan hampir sama. Manggang gitu. Ekenapa engga saya bikin brownis pake tulban. Ide awalnya sih gitu. Tapi waktu baca resep-nya kok, aslinya Cake Kukus Cappucino. Bukan brownis . Ahtapi mirip kok bahan dan cara buatnya. Cuman gak pake Dark Chocolate aja sih.

Ya udahlah, habis pulang gawe mampir beli kopi instant dulu. White Koffie yang saya pilih. Bisa beli sachetan dan saya tuh jatuh cinta sama bau kopinya yang semerbak. Harapannya pas dipanggang , bau kopinya masih tercium, eh ternyata saya salah sodara-sodara. Baunya wangi pas ngaduk adonan aja sih. Habis dipanggang malah gak kecium bau kopinya. hahaha

Saya sih awalnya pengen belajar bikin buttercream. Etapi pas dicekcek lagi bahan2nya gak komplit. Kurang tepung maezena. Dan baru keinget itu pas sampe dirumah. Bawaannya udah males keluar lagi, mana ujan kan ya. Jadilah pake apa yang ada dirumah aja bahannya. Gak pake buttercream, cuman ditaburin choco chip sisa kemaren bikin bluder tape *kue yang saya bikin buat HUT saya*

Cake Coklat Kopi

Bahan-bahannya :

4 butir telur

75gr gula pasir

1,5 sdt TBM

80gr tepung terigu protein sedang

3 bungkus kopi instant

50gr margarin lelehkan

1 bungkus susu kental mannis

1/2 sdm coklat bubuk

chocochip

Cara Membuat :

-Kocok telur dan gula pasir dan TBM hingga kaku dan mengembang

-Kemudian masukan tepung terigu , kopi dan coklat bubuk yang sudah di ayak

-Masukan margarin leleh

-Ambil sebagian adonan, campur dengan susu kental manis

-Tuang adonan ke loyang, panggang setengah matang masukan adonan kedua (yang dicampur susu kental manis)

-Tuangkan sisanya, tunggu sampai agak mengeras baru taburi choco chip

-Jadi deh

Rasa manisnya pas, tapi itu tadi kopinya ga berasa. Kurang wangi dan kurang empuk. Secara telurnya dikit🙂 ahtapi enak kok kalo dimakan pake es krim ya.

Saya pengen belajar bikin cupcakes juga nih, gak harus pake oven kan? dikukus juga bisa. Pengen ngehias cupcakesnya pake buttercream gitu deh. LIat nanti ah ya. Lagi semangat belajar baking nih. Padahal juga pengen belajar menu lainya.

 

 

One thought on “Cake Coklat Kopi

  1. fatimah says:

    mbak ginuk, tanya ya..TBM wi apa? tepung terigu protein sedang maksudnya, langsung mereknya aj ap mb, masaknya itu dioven apa dikukus? jawab komplit ya mbak, sy baru kali ini ngenet n mw ajar msk sing gampang. maturnuwun ilmunya..

Leave a Reply

