Menikmati Ikan Sidat dan Patin di Warung Bu Ageng

Bisa menikmati cuaca cerah itu benar-benar anugerah. Apalagi setelah semalaman hujan deras dan berakibat banjir di beberapa wilayah. Jogja siang itu juga cerah setelah semalam hujan. Padahal agendanya pengen ke Pasar Malem Sekaten, sekaligus pengen liat-liat Gamelan Sekaten. Tapi apadaya, hujan dan bayan becek dimana-mana akhirnya terpaksa di rumah saja.

Minggu kemaren, berkesempatan jajan di Warung Bu Ageng miliknya @masbutet. Sudah sering nongol di twitter dan baru kemaren akhirnya kesampean. Baca di akunya kalo ada menu special, jadi ya kemaren nyobain menu spesialnya Warung Bu Ageng, yaitu Sup Kepala Patin dan Sidat Bumbu Kecap (dengan tambahan cemilan bakwan jagung)

Sidat Bumbu Kecap, salah satu menu spesial di Warung Bu Ageng

Sup Kepala Patin

Sup Kepala Patin yang disajikan di Warung Bu Ageng ini seperti Pindang Serani. Hanya saja ikan yang dipilih adalah ikan Patin. Dan hanya bagian kepalanya saja. Kuah bening agak masam karena blimbing wuluh dan tomat ini seger kalo dimakan panas-panas. Ditaburi dengan daun bawang dan seledri, Sup Kepala Patin ini jadi terasa lebih nikmat. Bagi yang suka pedas mungkin bisa diberi tambahan cabe rawit. Nah ini nih yang kurang di Sup Kepala Patinnya. Kurang Cabe. *maklum, penggila cabe*

Yang juara di menu makan siang kali ini adalah Sidat Bumbu Kecap. Harus saya akui, saya jatuh cinta sama menu ini *hehehe*. Manis-nya kecap plus ada potongan bawang putih dan aroma mentega ada di menu ini. Diberi potongan cabe rawit dan seledri bikin Sidat Bumbu Kecap ini makin mantap rasanya.

Sidat adalah sejenis ikan belut yang sudah ditemui di pasaran. Itulah kenapa menu ini jadi special, karena ternyata membudidayakan Sidat sendiri katanya ngga gampang. Di Jepang, sidat ini dikenal dengan nama Unagi. Biasanya dipakai untuk Sushi. Karena jarang ada, makanya Sidat ini harganya agak lumayan mahal, bila dibanding belut dan lele. Tapi untuk menu Sidat Bumbu Kecap ini, sangat worth it lah kalo harus mengeluarkan kocek Rp. 40.000.

Untuk yang sedang jalan-jalan di Jogja, silahkan bisa mampir ke warung Bu Ageng ini. Ada banyak pilihan menu special disana, seperti Nasi Campur, Patin Goreng, Pangkal Lidah Sapi, Bubur Durian Mlekok dan banyak lagi lainnya. Pengennya sih nyoba satu-satu , apa boleh buat, daya tampung terbatas. Kita simpan untuk lain hari, dan mampir lagi ke Warung Bu Ageng.

Salah satu sudut ruangan di Warung Bu Ageng

Warung Bu Ageng juga menerima layan pesan antar

Info Harga

Sup Kepala Patin Rp. 20.000

Sidat Bumbu Kecap Rp. 40.000

Warung Bu Ageng

Jl. Tirtodipuran No. 13 Yogyakarta

Fanpage : Warung Bu Ageng

Twitter : @BuAgeng

3 thoughts on “Menikmati Ikan Sidat dan Patin di Warung Bu Ageng

  1. Butet Kartaredjasa says:

    Wuaaah, luar biasa. Komentarnya membuat kami semakin percaya diri, bahwa kelezatan kuliner Nusantara memang harus dibagikan kepada yang lain. Syalom

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s