#HariIbu, hari (mengenang)Ibu

mothers

Hari ini , 22 Desember diperingati sebagai hari Ibu. Hari yang awalnya diperingati sebagai awalnya gerakan perempuan di Indonesia karena memulai konggres yang pertama kalinya di Jogja.  Seharusnya ini adalah hari dimulainya pergerakan perempuan. Ah, tetapi sepertinya selebrasinya menjadi bergeser. Bukan hanya serta merta untuk para ibu saja hari ini dirayakan, tapi untuk semua perempuan baik yang sudah menjadi ibu, atau yang akan menjadi bu. Yang sudah menikah ataupun belum, yang sudah punya anak ataupun belum. Hari ini harinya semua perempuan

Terlepas dari sejarah hari Ibu, hari ini secara khusus saya dedikasikan untuk mengenai (alm) Ibu saya. Secara khusus tentang dedikasi dan berbagai ilmunya yang beliau share ke saya mengenai kuliner

Faktanya, ibu saya orang yang pandai sekali memasak. Masakan ibu selalu jadi juara. Dulu awalnya, ketika masih ABG dan seneng jajan…sempat bosan dan jenuh dengan masakan rumah. Hal yang wajar saya alami ketika saya dari kecil sampai kuliah tinggal serumah dengan Ibu. Tapi berbeda ketika saya mulai hidup sebagai anak kost, saya merasakan sekali bagaimana bodohnya saya dulu merasakan bosannya masakan rumah. Yang notabene saya rindukan setelah saya jadi anak kost. Semakin saya rindukan juga ketika Ibu saya berpulang ke Surga. Makin rindu saya dengan masakan Ibu saya.

Ada banyak ilmu yang dia ajarkan pada saya perihal masak-memasak. Misalnya soal masakan yang diberi tambahan gula untuk menambah rasa, kalo masak pakai kecap , kecapnya harus kena minyak biar rasanya mantap, sampai soal bumbu dan resep masakan saya dapat dari Ibu saya.

Tidak dipungkiri bahwa kegemaran saya memasak karena pengaruh Ibu saya. Ibu yang juga gemar memasak pernah buka usaha catering bersama dengan sahabatnya. Selain itu, Ibu juga pernah membuka warung soto di Semarang sampai akhirnya warung itu ditutup dan rumahnya kami jual untuk modal perbaikan rumah kami di Semarang.

Hari ini adalah hari (mengenang) ibu buat saya. Ibu yang selalu bangun pagi dan menyiapkan sarapan untuk kita semua. Ibu yang rajin ke pasar dan jadi terkenal di pasar dengan sebuatan ” bu bidan”, bahkan tukang becak yang selalu mengantar ibu saya pulang dari pasarpun ikut melayat waktu ibu meninggal. Penjual sayur, penjual ayam, telur, beras ….hampir penjual langganannya di pasar mengenal ibu saya.

Masih beruntung saya sempat mencatat beberapa resep masakan rumah langsung dari ibu saya. Well, jaman sekarang mudah sekali kan sebenernya mendapatkan resep masakan dari internet, tapi saya masih ingat betul ibu saya membagikan resep masakannya pada saya kala itu. Hari dimana ibu selalu menjaga alm Bapak saya di rumah sakit, sementara ibu tidak ada waktu untuk memasak dan kalo harus jajan setiap hari dirasa sangat boros, maka mau ngga mau sayalah yang harus ke pasar dan masak untuk orang rumah.

Menu favorit saya yang selalu saya kangenin dari ibu saya itu banyak sekali. Hampir semua masakan ibu itu enak. Bahkan ya…selama saya ngekost, ibu yang paling getol masakin saya kering tempe dan kacang, atau balado teri. Dulu tiap kali pulang ke rumah selalu ditanya “pengen dimasakin” apa. Trus kalo suami saya datang pun selalu dibuatin “sambal panggang”. Bisa langsung habis sama suami saya. (waktu itu masih jadi calon suami)

Garang asem Ayam atau telur asin ini juga jadi favorit saya. Tiap kali inget menu ini di warung, saya selalu ingat alm Ibu. Dan masih banyak menu-menu lainnya andalan Ibu saya yang selalu saya rindukan.

Hari ini, hari (mengenang) Ibu dan masakannya. Beberapa nasehat dan tips, serta trik memasak yang saya dapatkan dari Ibu saya.

Dear Ibu, terima kasih untuk segala ilmu kuliner yang Ibu berikan. Saya kangen Ibu….kangen masakan Ibu, kangen juga disuapin Ibu…

Bahagia di surga ya bu…

 

 

Leave a Reply

