Tepung Panir

panir2-orenjieculinary-com

source : Google

Halo, akhirnya rasa-pengen-ngeblog kumat lagi. *hehehe* . Ceritanya lagi pengen belajar bikin Galantin. Iyap,  rasa-pengen-masak-nya juga lagi kumat . Browsing resep dan nemulah resep Galantin pake Roti Tawar. Sebenernya, alm ibu saya termasuk sering bikin Galantin. Sewaktu mengamati cara buat Galantin versi alm Ibu, beliau gak pernah pake Roti Tawar. Pakenya tepung panir, yang notabene adalah tepung roti.  Karena iseng dan penasaran sama rasanya, maka kubuatlah Galantin versi Roti Tawar. Sejujurnya, ini Galantin yang gagal buat saya. Kenapa? Karena terlalu “lembek”. Rasanya sih okey, pas menurut saya. Tapi dari sisi tekstur memang kurang padat.  Yah, namanya juga lagi belajar.

Dari pengamatan saya kenapa bisa kurang padat tekstur galantinnya, ternyata faktor Roti Tawar dan Susu cair yang saya masukan ke adonan Galantin. Ditambah Telur dan juga Mentega. Iya, saya menambahkan mentega ke dalam adonan Galantin saya. Hasilnya, lembek. Hiks.

Bisa diatasi kalo seandainya saya punya tepung panir alias tepung roti. Tapi apa daya, udah sore menjelang maghrib jadi gak sempet kabur beli

20130324103519_241

source : Google

Bicara soal tepung panir atau tepung roti, ternyata ada dua jenis tepung panir. Yang pertama adalah tepung panir yang kasar. Ini adalah sejenis bahan makanan yang biasanya dipakai untuk buat Nugget atau Tempura. Teksturanya lebih kasar, warnanya ada yang putih dan yang orange. Yang kedua adalah tepung panir yang halus. Inilah seharusnya bahan yang dicampurkan ke Galantin.

Next, untuk bikin galantin kayaknya lebih afdol pake tepung panir halus deh. Kalo semisal mau pake roti tawar juga gak papa. Tapi harus ada persediaan tepung panir di rumah.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

